April 25, 2024
Wajib Simak! Berikut Jenis Perawatan yang Bisa Anda Lakukan di Dental Gigi

Ada banyak jenis perawatan di dental gigi yang dilakukan dokter gigi untuk meningkatkan kesehatan gigi pasiennya. Beberapa dari perawatan ini memerlukan pembedahan, sementara yang lain tidak memerlukannya.

Tentunya dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik sangat membantu untuk memiliki gigi yang sehat, tetapi kebanyakan orang akan menghadapi beberapa masalah mulut dalam hidup mereka.

Perawatan pada klinik gigi dapat membantu mengatasi masalah yang sedang berlangsung serta mengembalikan penampilan dan fungsi gigi anda. Prosedur ini juga membantu mencegah pasien mengatasi rasa sakit yang tidak perlu..

Wajib Simak! Berikut Jenis Perawatan yang Bisa Anda Lakukan di Dental Gigi

Beberapa Perawatan di Dental atau Klinik Gigi

Berikut beberapa perawatan gigi yang bisa anda dapatkan ketka mengunjungi dental atau klinik gigi.

1. Scalling atau pembersihan gigi
Scaling atau pembersihan karang gigi adalah prosedur wajib dan umum dilakukan bagi setiap orang. Anda perlu melakukan dental check-up dan membersihkan karang gigi secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali. Dengan ini, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit gigi dan mulut.

Kebersihan gigi amat penting bagi kesehatan gigi dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Rutin menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan gigi secara maksimal. Anda membutuhkan alat khusus dan bantuan professional dari dokter gigi untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Kunjungan rutin untuk dental check up dan scaling dapat membantu menjaga gigi Anda tetap bersih, sehat, dan kuat. Scaling juga hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk seluruh gigi, sehingga prosedur ini tidak akan menyita banyak waktu.

2. Bleaching atau pemutihan gigi
Seperti halnya pembersihan, bleaching atau pemutihan adalah proses yang relatif tidak menyakitkan. Beberapa orang alergi terhadap bahan pemutih yang digunakan, tetapi ini adalah prosedur sederhana yang dapat dilakukan di sebagian besar klinik gigi.

Dalam kedokteran gigi, pemutihan dilakukan oleh tenaga profesional, sehingga lebih cepat dan aman. Paling sering, dokter gigi menggunakan gel hidrogen peroksida khusus dan sumber cahaya khusus untuk memutihkan lebih cepat.

3. Veneer
Jika gigi Anda memiliki warna dan bentuk yang kurang ideal, dokter gigi anda dapat merekomendasikan veneer. Veneer adalah perawatan yang yang sangat populer untuk memperbaiki atau memaksimalkan estetika senyum Anda.. Ini pada dasarnya adalah penutup tipis yang diletakkan di depan gigi atau sekelompok gigi.

Ini terutama digunakan untuk tujuan korektif, tetapi juga dapat digunakan untuk memutihkan. Perawatan veneer sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi professional. Hati-hati terhadap tukang gigi atau ahli gigi yang menawarkan veneer instan dengan harga miring.

4. Tambal gigi
Gigi berlubang merupakan masalah yang cukup umum dan banyak dialami kebanyakan orang. Perawatan tambal gigi adalah solusi yang umum dianjurkan untuk memperbaiki gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh asam. Bakteri dapat memetabolisme sisa makanan di dalam mulut, dan menghasilkan asam tersebut. Umumnya, penambalan gigi hanya membutuhkan satu kali kunjungan, dengan durasi pengerjaan 30-60 menit. Setelah penambalan, gigi akan terasa seperti baru kembali. Dokter gigi juga akan menginstruksikan beberapa hal agar tambalan tetap awet dan tahan lama.

5. Kawat gigi
Kawat gigi adalah perawatan korektif untuk memperbaiki susunan gigi yang kurang rapih. Terdapat banyak jenis kawat gigi, sehingga pemilihannya sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi Anda.

6. Cabut gigi
Jika gigi rusak parah, pencabutan mungkin satu-satunya pilihan. Ini biasanya terjadi ketika gigi tidak dapat diselamatkan dengan prosedur seperti saluran akar atau alat pelindung seperti mahkota. Gigi yang dicabut biasanya diganti dengan implan atau prostesis lainnya.

7. Perawatan saluran akar gigi atau root canal
Perawatan saluran akar merupakan perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi yang sudah mencapai rongga pulpa. Anda tak perlu khawatir dengan perawatan ini, karena dokter gigi dapat memberikan obat anestesi untuk menghilangkan rasa nyeri. Selanjutnya, pulpa dan saraf yang terinfeksi akan diangkat dan saluran akar akan dibersihkan hingga steril. Saluran akar yang sudah bersih kemudian diisi dengan bahan pengisi, dan gigi akan direstorasi dengan penambalan atau mahkota gigi.

Kunjungi Dental Gigi Terdekat untuk Mendapatkan Perawatan Terbaik Pada Gigi Anda

Setelah mendapatkan informasi mengenai sejumlah perawatan atau treatment di klinik gigi, tentunya kini anda memahami bagaimana pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.Untuk mendapatkan perawatan terbaik, anda bisa mengunjungi dental gigi terdekat, salah satunya Happy Dental Clinic untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang bisa mencegah beberapa masalah pada gigi anda.

Tentunya dengan melakukan perawatan di Happy Dental Clinic anda akan mendapatkan pendampingan dari dokter spesialis yang pastinya bisa menentukan jenis perawatan yang tepat.

Selain itu, mengenai biaya perawatan, tentunya di Happy Dental Clinic anda tidak akan merasa rugi karena rangakaian perawatan dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *