Juni 13, 2024
Tips Memilih Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Investasi Jangka Panjang

Investasi merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan, seperti mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan, atau dana membeli rumah. Dengan berinvestasi, Anda dapat memperoleh keuntungan dari pertumbuhan aset yang Anda miliki. Di era digital, investasi kini semakin mudah dilakukan, salah satunya melalui aplikasi investasi terpercaya. Aplikasi investasi memungkinkan Anda untuk berinvestasi secara online, kapan saja dan di mana saja.

Namun, banyaknya pilihan aplikasi investasi yang tersedia saat ini membuat Anda harus selektif dalam memilih. Agar tidak terjebak dalam investasi bodong, berikut ini adalah beberapa tips memilih aplikasi investasi terpercaya untuk investasi jangka panjang Anda :

  1. Pastikan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat memilih aplikasi investasi adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan jasa keuangan di Indonesia.

Aplikasi investasi yang terdaftar di OJK berarti telah memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan oleh OJK. Dengan demikian, Anda dapat lebih yakin bahwa aplikasi investasi tersebut aman dan terpercaya.

Anda dapat memeriksa daftar aplikasi investasi yang terdaftar di OJK melalui website OJK.

  1. Pahami instrumen investasi yang ditawarkan

Sebelum memilih aplikasi investasi, Anda perlu memahami terlebih dahulu instrumen investasi yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Setiap instrumen investasi memiliki karakteristik dan resikonya masing-masing.

Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, maka Anda perlu memilih instrumen investasi yang memiliki risiko rendah atau moderat. Beberapa instrumen investasi yang cocok untuk investasi jangka panjang antara lain :

  • Reksa dana saham
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Emas
  1. Pertimbangkan biaya transaksi

Biaya transaksi merupakan salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi investasi. Biaya transaksi dapat mempengaruhi imbal hasil investasi Anda.

Setiap aplikasi investasi memiliki kebijakan biaya transaksi yang berbeda-beda. Ada aplikasi yang menawarkan biaya transaksi yang rendah, namun ada juga yang menawarkan biaya transaksi yang tinggi.

Anda perlu membandingkan biaya transaksi antar aplikasi investasi sebelum menentukan pilihan.

  1. Baca ulasan dari pengguna

Ulasan dari pengguna dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk membantu Anda dalam memilih aplikasi investasi. Ulasan dari pengguna dapat memberikan gambaran tentang kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.

Anda dapat membaca ulasan dari pengguna di website atau forum online.

  1. Lakukan riset sendiri

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda perlu melakukan riset sendiri untuk memastikan bahwa aplikasi investasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Anda dapat mengunjungi website atau kantor cabang dari aplikasi investasi tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan saat melakukan riset :

  1. Apakah aplikasi investasi tersebut menawarkan instrumen investasi yang Anda inginkan?
  2. Bagaimana proses transaksi di aplikasi investasi tersebut?
  3. Apakah aplikasi investasi tersebut memiliki layanan pelanggan yang responsif?

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memilih aplikasi investasi terpercaya untuk investasi jangka panjang Anda. Untuk pilihan aplikasi investasi Anda, aplikasi MOST powered by Mandiri Security adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Terutama bagi Anda yang baru mulai untuk berinvestasi secara online, di aplikasi juga ada banyak fitur yang berisikan informasi edukatif yang bisa menambah wawasan Anda saat akan berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *