Oktober 3, 2022

Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman menegaskan jika penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox bukan penyakit kelamin atau menular karena hubungan seksual saja. Sekali lagi Dicky menekankan jika penularan terjadi karena ada kasus kontak. Walau memang saat ini Monkeypox berisiko menularkan pada kelompok gay atau aktivitas seksual bebas.

Fakta endemi, Cacar Monyet di Afrika berdasarkan data epidemiologi menegaskan bisa menginfeksi semua kelompok masyarakat. Baik itu jenis kelamin, usia dan sebagainya. Penularan tetap terjadi dengan atau tanpa hubungan seksual. Selama terjadi kasus kontak erat. Baik langsung dan tidak langsung.

"Dan apakah ini diprediksi seperti HIV, ya berbeda. Penyakit berbeda. Dalam kasus HIV belum ada vaksin. Walau sampai saat ini HIV sudah memiliki obat tapi dia hanya menekan. Tidak menyembuhkan," kata Dicky menambahkan. Sedangkan pada kasus Monkeypox mayoritas, dari kasus ini sembuh dengan sendiri atau bergejala ringan. Ini berbeda sekali karakter dengan HIV AIDS. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.