Oktober 3, 2022

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan jadwal Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sidang Isbat akan dilakukan secara hybrid, pada Jumat, 1 April 2022 (29 Syakban 1443 Hijriah). “Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (14/3/2022), dikutip dari laman .

Kamaruddin menjelaskan, Sidang Isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan. Sebagian peserta lainnya akan berpartisipasi melalui telekonferensi atau jaringan internet.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," terangnya. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan, sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah, sebelum bulan Ramadan.

Sidang ini akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Selain itu, juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya. "Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," katanya.

Adib menerangkan, Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap, sebagai berikut: 1. Pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

"Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming,” ujar Adib. 2. Pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain data hisab (informasi), Sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia. 3. Telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag. Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim.

Ibadah ini dilakukan selama satu bulan. Umat muslim dapat menggunakan bulan mulia ini untuk memperoleh banyak hikmah dan pahala. Hal ini disampaikan dalam hadis sebagai berikut,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ مَا شَاءَ اللَّهُ يَقُولُ اللَّهُ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ “Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, “Kecuali puasa, puasa adalah untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku. Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kebahagiaan, satu kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan satu kebahagiaan lagi ketika berjumpa dengan Rabbnya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi. ” (HR Ibnu Majah)

Selain itu, perintah puasa juga terdapat dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “bagi tiap tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa” (HR Ibnu Majah) Beriku ini hikmah puasa ramadhan, dikutip dari laman :

Puasa adalah ibadah yang dilakukan dari sejak subuh hingga terbenamnya matahari atau masuk shalat maghrib. Dalam menjalankannya, umat islam dilarang melakukan perbuatan yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan badan, mengeluarkan air mani, dan lain lain. Dengan berpuasa ramadan selama satu bulan, dapat melatih setiap muslim untuk mengendalikan hawa nafsu.

Ibadah berpuasa juga dapat melatih setiap muslim untuk hidup sederhana. Ketika berpuasa setiap muslim tidak banyak untuk membeli makanan atau minuman, dan menahan diri dari segala hal duniawi. Hal ini juga sekaligus mengajarkan untuk hidup berempati sosial pada lingkungan sekitar yang mungkin hidupnya lebih kurang beruntung.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh adalah menjaga organ pencernaan dan dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh lebih fit dan sehat. Puasa juga mencegah seseorang untuk makan dan minum secara berlebihan, karena lambung telah terlatih membatasi makanan dan minuman.

Bahkan, para pakar kesehatan banyak merekomendasikan orang orang yang sedang mengalami penyakit tertentu untuk melakukan puasa. Segala jenis puasa mengajarkan umat islam untuk istiqomah dalam beribadah. Puasa ramadan yang dilakukan selama satu bulan dapat melatih diri untuk tidak melalaikan kewajiban sebagai muslim.

Ketika berpuasa,tubuh dapat menambah jumlah sel darah putih, yaitu unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh. Sehingga, daya tahan tubuh cenderung lebih baik ketika berpuasa. Penambahan sel darah putih ini bertambah seiring berjalannya puasa ramadan selama satu bulan.

Orang yang menderita sakitdiabetes, kolesterol tinggi, obesitas dan darah tinggi dianjurkan untuk berpuasa. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Ketika berpuasa, tubuh seseorang secara otomatis mengalami penurunan jumlah detak jantung.

Hal ini berarti jantung dapat beristirahat dan menghemat separuh waktu kerja yang dilakukannya pada hari hari biasa di luar puasa. Setidaknya ada tiga manfaat penting puasa bagi jantung: Puasa melawan tekanan tekanan yang selalu mendera jantung.

Puasa memberikan kesempatan bagi jantung untuk beristirahat. Puasa dapat mensterilkan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.