Oktober 3, 2022

Karang gigi bisa menjadi masalah besar jika Anda tidak tahu cara menghilangkan kondisi tersebut. Sehingga, Anda perlu mencari tahu tentang langkah-langkah untuk menghilangkan sebelum masalah itu menjadi lebih berbahaya dan perlu penanganan dokter. Di bawah ini adalah pembahasan mengenai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Perlu diketahui, karang gigi merupakan plak yang mengeras. Plak adalah lapisan bening serta lengket dengan bentuk saat bakteri di mulut tercampur dengan air liur dan sisa-sisa makanan.
Apabila dibiarkan, karang gigi bisa membuat tampilan gigi tidak menarik untuk dilihat. Tidak hanya itu, kondisi tersebut dapat membuat masalah mulut semakin bertambah. Mulai dari bau mulut, gigi surut, gigi berlubang, radang gusi, serta penyakit gusi yang berbahaya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi yang telah menebal dan sulit dirontokan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Makan Buah dan Sayur
Memakan buah dan sayur merupakan cara yang sederhana agar bisa merontokan karang gigi. Sebab, buah dan sayur dapat meningkatkan produksi air liur di mulut. Air liur memiliki fungsi dalam membilas kotoran, bakteri, dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.

2. Berkumur dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi yang efektif. Sebab, minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan serta asam laurat yang bisa membasmi bakteri jahat di mulut. Anda tinggal berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5 sampai 10 menit.

3. Memakai Baking Soda
Bahan makanan pun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Salah satunya adalah baking soda. Baking soda sangat efektif dalam menghilangkan karang gigi. Caranya, Anda bisa melakukan aktivitas gosok gigi seperti biasa, tetapi dengan pasta gigi yang mengandung soda kue. Untuk bisa mengetahuinya, Anda dapat melihat bungkus pasta gigi dan meninjau bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

4. Flossing Gigi
Flossing atau membersihkan gigi dengan benang dapat menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi. Apalagi, jika plak masih tipis, sangat efektif untuk melakukan flossing. Anda dapat memakai benang ke gigi usai menggosok gigi. Benang gigi bisa menghilangkan plak serta sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Terlebih, banyak juga sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi biasa.

5. Scaling ke Dokter Gigi
Jika Anda kesulitan dalam menghilangkan karang gigi, terlebih karang yang terdapat di gigi sudah sangat tebal dan menumpuk, terdapat cara yang paling efektif untuk dilakukan. Anda dapat pergi ke dokter gigi untuk melakukan scaling.

Umumnya dokter gigi memiliki alat bernama ultrasonic scaler yang berfungsi merontokan karang di sela-sela gigi sampai garis gusi. Dalam menggunakan alat ini memang memiliki durasi yang variatif, tentunya tergantung seberapa tebal karang yang ada di gigi Anda.

Tidak hanya itu, harga dalam berkonsultasi dan melakukan scaling pun berbeda-beda tiap dokter gigi. Akan tetapi, cara ini terbilang efektif karena dilakukan oleh seorang dokter yang memang ahli dalam mengatasi masalah gigi.

Apabila karang di gigi Anda sudah hilang, Anda perlu melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan mulut serta rutin sikat gigi. Dengan begitu, Anda tidak lagi merasakan adanya karang gigi di kemudian hari.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan karang gigi secara alami yang tentunya efektif dan bisa membuat gigi Anda semakin indah dan sehat. Dari berbagai cara di atas, Anda dapat memilih salah satu, atau mencoba semuanya sampai karang yang ada di gigi Anda rontok. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.