Oktober 3, 2022

Sariawan merupakan penyakit yang sering dialami oleh kalangan dewasa maupun anak kecil. Sampai dengan saat ini munculnya penyakit sariawan ini belum diketahui sebab dan akibatnya.

Namun, sariawan pada bagian lidah maupun bibir ini bisa terjadi akibat infeksi virus atau jamur. Akan tetapi, untuk masalah tersebut masih bisa diatasi dengan cara alami maupun menggunakan obat-obatan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan sariawan secara alami. Sedangkan, untuk Anda yang sering mengalami permasalahan sariawan bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Sariawan Secara Alami


Menyembuhkan sariawan tidak melulu menggunakan obat. Ada beberapa bahan alami yang bisa dipergunakan untuk cara menghilangkan sariawan secara alami yaitu :

1. Larutan Garam
Cara menghilangkan sariawan yang pertama adalah melakukan kumur dengan menggunakan larutan garam. Perlu Anda ketahui, larutan garam ini dirasa paling efektif untuk meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan pada jaringan gusi.
Anda juga bisa mencampurkan larutan garam dengan 1 sendok teh di dalam sebuah cangkir berisikan air hangat. Selanjutnya, lakukan kumur menggunakan larutan campuran tersebut kurang lebih 15-30 detik.

2. Teh Chamomile
Chamomile adalah zat senyawa yang mempunyai kandungan anti radang dan dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol. Dua kandungan tersebut sangat dipercaya bisa meredakan dan juga mempercepat proses penyembuhan penyakit sariawan.

Untuk mengobati penyakit sariawan, Anda juga bisa merendam kantong teh chamomile di dalam cangkir air hangat. Setelah itu, kompres luka sariawan tersebut dengan menggunakan kantong teh tersebut kurang lebih 5 menit. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Madu
Selain Teh Chamomile, ada juga cara menghilangkan sariawan menggunakan madu yang mempunyai sifat anti radang dan antibakteri. Sehingga, untuk Anda yang ingin mengobati sariawan sangat cocok menggunakan madu.
Cara penggunaan nya juga sangat mudah yaitu tinggal mengoleskan madu pada bagian luka sariawan sebanyak 3-4 kali. Lakukan pengolesan sebanyak 3-4 kalis ehari sampai dengan sakit sariawan benar-benar sembuh. Jenis madu yang baik untuk menghilangkan penyakit sariawan adalah murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Sayuran dan Buah-Buahan
Supaya penyakit sariawan biar cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Paling tidak, di dalam tubuh Anda sudah terpenuhi mulai dari vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi dan folat.

Semua nutrisi tersebut bisa saja diperoleh dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Akan tetapi, untuk Anda yang ingin mendapatkan secara lebih cepat bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut harus dilakukan, karena penyakit sariawan ini bisa saja diakibatkan mulut kering dan bisa meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi.

Maka dari itu, Anda harus perbanyak minum air putih supaya sariawan yang sedang dialami bisa cepat sembuh. Ketika tidak ingin menggunakan bahan-bahan alami bisa menggunakan cara menghilangkan sariawan dengan menggunakan magnesium hidroksida. Magnesium hidroksida biasanya ada di obat maag cair.

Supaya tidak sariawan tidak semakin parah, Anda bisa juga melakukan dua hal yaitu menghindari makanan pedas dan selalu mengkonsumsi makanan lunak yang mudah ditelan. Ketika semua cara sudah dilakukan dan sariawan tidak mereda bisa langsung saja melakukan konsultasi dokter terdekat.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 4 cara menghilangkan sariawan secara alami. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang sering mengalami sakit sariawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.