Oktober 3, 2022
Cara Mencegah Haid Tidak Teratur

Mengalami haid tidak teratur ini memang membuat tubuh merasa kurang nyaman. Biasanya, tanda-tanda yang sering muncul adalah rasa kram hingga terlalu banyak darah yang bisa mengganggu aktivitas.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mencegah haid tidak teratur. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan beberapa cara haid tidak teratur bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mencegah Haid Tidak Teratur

Cara Mencegah Haid Tidak Teratur
Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk masalah haid tidak teratur ini memang sangat mengganggu. Akan tetapi, ada beberapa cara mencegah haid tidak teratur yang bisa Anda lakukan yaitu :

1. Berat Badan yang Ideal
Mempunyai berat badan yang lebih atau dibawah batas normal ini menjadi pemicu pada gangguan haid. Supaya mengerti sudah mempunyai berat badan ideal atau tidak, Anda bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus tertentu.

Namun, jangan khawatir karena pada saat ini juga banyak sekali situs atau aplikasi yang bisa membantu dalam menghitung berat badan tubuh ideal. Sehingga, supaya lebih praktis Anda bisa mencoba mengukur berat badan ideal.

Ketika masih ragu, Anda juga bisa langsung melakukan konsultasi kepada ahli gizi maupun dokter umum. Apabila berat badan Anda lebih atau kurang normal, bisa langsung menanyakan bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2. Melakukan Olahraga yang Teratur
Bukan menjadi satu hal yang rahasia lagi kalau harus rutin melakukan olahraga. Kemungkinan untuk beberapa kalangan masyarakat sudah mengerti, bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin ini bisa dijadikan cara mengatasi haid tidak teratur.
Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga bisa dijadikan alat untuk meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Untuk hormon tersebut, selanjutnya bisa juga dijadikan sebagai alat menurunkan stress yang membuat haid tidak lancar.

3. Yoga
Berdasarkan salah satu penelitian, melakukan olahraga yoga secara rutin ini bisa dijadikan cara mengatasi haid tidak lancar. Paling tidak dalam kurun waktu satu hari, Anda bisa meluangkan waktu kurang lebih 35-40 menit untuk melakukan olahraga yoga.

Sudah banyak yang membuktikan, dengan melakukan olahraga yoga ini bisa membuat kondisi hormon di dalam tubuh menjadi seimbang. Paling pentingnya lagi adalah bisa membantu Anda yang mempunyai gangguan haid bisa teratasi.

Tidak hanya itu saja, olahraga Yoga juga bisa mengurangi rasa kram pada saat siklus haid sedang berlangsung. Apalagi untuk Anda yang suka berpikir cemas dan depresi juga lebih baik sering-sering melakukan olahraga Yoga.

4. Mengkonsumsi Nanas dan Jahe
Nanas dan jahe tidak hanya buah yang segar disaat dikonsumsi. Buah nanas ini dinilai bisa membantu Anda yang mempunyai masalah haid tidak lancar. Selain itu, buah dengan daging warna kuning ini mempunyai banyak kandungan enzim bromelain yang bisa membantu dalam melunakkan dinding rahim dan berpotensi melancarkan siklus menstruasi.

Sementara itu, mengkonsumsi suplemen jahe juga bisa membantu dalam proses perbaikan kondisi haid yang tidak lancar. Sampai dengan saat ini belum ada salah satu penelitian yang membuktikan, bahwa kedua jenis buah tersebut bisa membantu dalam mengatasi permasalahan haid tidak teratur. Akan tetapi, untuk Anda yang mempunyai masalah dengan haid tidak ada salahnya mencoba salah satu cara diantaranya.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 4 cara mencegah haid tidak teratur. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang sedang mengalami permasalahan haid tidak teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.