Oktober 3, 2022

Gatal-gatal merupakan salah satu kondisi kulit yang sering kali dirasakan oleh setiap orang. Ada banyak faktor yang menjadikan kulit kita terasa gatal, mulai dari kulit yang sensitif, gigitan serangga, alergi makanan, eksim, dingin dan bahkan penyakit mematikan seperti kanker. Gatal-gatal bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian kita, karena itu banyak orang yang mencoba mengatasi kondisi ini dengan berbagai cara. Berikut adalah cara mengatasi gatal gatal :

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit
Begini Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit Paling Efektif

1. Mengoleskan minyak burung bubut
Mengoleskan minyak burung bubut ke bagian kulit yang gatal merupakan salah satu cara mengatasi gatal-gatal. Minyak bubut merupakan minyak yang berasal dari burung bubut, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, minyak ini dapat meredakan rasa gatal-gatal pada kulit kita.

2. Mengompresnya dengan air hangat
Cara berikutnya adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Air hangat dan wadah yang digunakannya haruslah bersih, kemudian rendam handuk atau kain ke dalam air hangat, lalu peras dan letakkan di bagian kulit yang terasa gatal. Lakukan hal tersebut hingga gatal mereda.

3. Menggunakan minyak kayu putih
Minyak kayu putih adalah minyak yang berasal dari penyulingan daun dan ranting kayu putih, minyak ini sangat populer di Indonesia. Untuk mendapatkannya mudah, banyak warung hingga supermarket yang menjualnya. Minyak ini menjadi salah satu cara menghilangkan gatal di kulit kita. Pengaplikasiannya sangat mudah, cukup oleskan di bagian kulit kita yang gatal secukupnya.

4. Ampas Jahe, lengkuas dan serai
Menurut dr. Zaidul Akbar, 3 bahan ini adalah kombinasi ampuh untuk menghilangkan gatal-gatal. Caranya adalah dengan menghaluskan ketiga bahan tersebut sejumlah 5 cm masing-masing, kemudian diseduh dengan air mendidih selama tiga menit, lalu disaring. Ampas dari ketiga bahan tersebut ditambahkan minyak zaitun kemudian dioleskan di kulit kita yang gatal.

5. Menggunakan obat pereda gatal akibat dingin
Sering kali ada orang yang kulitnya menjadi gatal-gatal setiap kali terpapar udara dingin. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat alergi dingin. Cara menghilangkan gatal akibat alergi dingin adalah dengan mengonsumsi obat antihistamin. Antihistamin adalah obat penangkal alergi. Contoh obat antihistamin untuk meredakan gatal adalah cetirizine, loratadine, atau desloratadine.

6. Menghindari makanan pemicu gatal
Bagi orang yang memiliki alergi terhadap makanan, cara ini adalah salah satu jalan terampuh. Menghindari makanan memang sulit, namun, jika diiringi tekad kuat, kita bisa melaluinya.

7. Membersihkan ruangan
Beberapa orang memiliki alergi terhadap debu, yang bisa mengakibatkan rasa gatal terhadap kulit. Untuk mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan ruangan dan lingkungan kita berada, dengan menyapunya atau mengepelnya. Kemudian, kita bisa menyemprotkan disinfektan setelahnya agar ruangan yang kita gunakan semakin bersih.

8. Mencari tahu penyebab gatal
Hal ini dilakukan jika kondisi gatal sudah sangat parah sekali. Anda patut sekali untuk mencari tahu penyebabnya, bisa saja dari alergi makanan, udara, lingkungan yang kurang bersih atau masalah yang lebih serius lagi. Mengonsultasikannya kepada dokter untuk penindaklanjutan berikutnya adalah hal yang sangat disarankan, karena, kita dapat melakukan pencegahan sedini mungkin.

Di atas adalah cara mengatasi gatal-gatal yang mudah untuk dilakukan. Bagi beberapa orang, gatal-gatal bisa menjadi hal yang biasa terjadi. Karena itu mengatasi dan menghindarinya adalah hal yang utama dilakukan, agar aktivitas kita tidak terganggu karena gatal-gatal tersebut. Jangan menganggap remeh gatal-gatal yang bisa menjadi penyakit yang fatal, tapi, jangan menjadi parno karenanya juga. Tetap menjaga kesehatan kita agar terhindar dari segala penyakit berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.