Oktober 3, 2022

Ingin memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan berseri meski usia sudah lanjut? Tidak perlu melakukan perawatan wajah yang rumit. Mulailah dengan perawatan kulit dasar terlebih dahulu. Perawatan kulit dasar meliputi penggunaan produk skincare paling dasar yang sesuai dengan fungsi masing-masing produk perawatan kulit. Ini adalah langkah wajib dan tidak boleh dilewatkan dalam proses perawatan wajah. Seringkali, orang yang hanya tertarik pada perawatan juga memulai dengan mengikuti rutinitas perawatan kulit dasar ini.

Urutan Basic Skincare Routine

1. Cleansing
Langkah perawatan kulit dasar pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membersihkan kulit di wajah Anda. Membersihkan wajah setelah seharian terpapar sinar matahari atau kabut asap sepertinya sudah menjadi praktik umum. Namun untuk hasil yang maksimal, gunakan metode double cleansing. Terutama digunakan untuk mencuci muka pada malam hari.

Pertama, perlu membersihkan sisa riasan pada kulit dengan makeup remover atau pembersih gel. Kemudian, gunakan pembersih berbusa atau pencuci muka yang gentle. Pembersih minyak atau gel yang dirancang untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak, termasuk riasan, tabir surya, minyak, dan polusi.

Dengan menghilangkan kotoran tersebut terlebih dahulu, maka foaming cleanser berbahan dasar air yang kedua akan mampu menembus kulit dengan lebih baik untuk menghilangkan sisa kotoran. Metode double cleansing tidak hanya memberikan pembersihan yang lebih menyeluruh, tetapi juga dapat mengembalikan kulit kusam.

Wajah bersih yang maksimal juga membuat produk perawatan kulit lainnya lebih efektif terserap. Untuk produk, gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan formulanya aman dan lembut. Karena pembersih yang terlalu kuat dapat membahayakan kulit bahkan merusak lapisan kulit secara perlahan.

2. Toning
Setelah mencuci muka dengan foaming cleanser atau pembersih wajah, pasti kulit Anda akan terasa kasar dan kering. Apalagi jika Anda menggunakan produk dengan kandungan sabun yang cukup tinggi. Untuk menyeimbangkan pH kulit Anda, menggunakan toner adalah langkah dasar berikutnya dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Anda bisa menggunakan metode dual toning untuk efek maksimal. Dalam metode pengencangan kulit, pertama-tama Anda harus menggunakan toner exfoliating untuk mengelupas lapisan luar sel kulit mati. Kemudian, gunakan hydrating toner untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, carilah toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menenangkan jerawat. Sedangkan jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, pilih toner yang membantu menghidrasi wajah Anda.

3. Moisturizing
Kulit yang sehat dan kenyal adalah kulit yang selalu terhidrasi. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pelembab setiap hari sebagai rangkaian perawatan kulit dasar. Anda harus menggunakan pelembab, siang atau malam.

Untuk penggunaan siang hari, pilihlah pelembap yang lebih ringan agar lebih cepat menyerap dan tidak menggumpal di bawah riasan. Tidak harus mahal, kini banyak produk brand lokal yang beredar di pasaran yang cukup bagus untuk Anda coba.

4. Protecting
Kulit yang sehat adalah kulit yang terlindungi dari bahaya sinar UVA dan UVB. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasukkan produk tabir surya atau sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit harian dasar Anda. Gunakan tabir surya yang diformulasikan untuk penggunaan sehari-hari dengan SPF tinggi. Pilih SPF minimal 30 untuk memblokir 97% sinar UVB matahari.

SPF yang lebih tinggi akan memblokir sedikit lebih banyak sinar UVB matahari. Namun, tidak ada tabir surya yang dapat memblokir 100% sinar UVB matahari. Menggunakan tabir surya akan membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari, penuaan dini, dan kanker kulit. Anda bisa mengunjungi beautyfree.co.id untuk mendapatkan informasi skincare yang lebih lengkap.

Deskripsi : skincare untuk pemula sangat penting hanya menggunakan basic skincare untuk mencari mana yang cocok dengan wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.