Juli 24, 2024
Takut Mendengar Musik, Kenapa ya

Mendengarkan temanmu bermain gitar akustik sambil bernyanyi bersama saat sedang berkumpul, bisa membuat suasana menjadi cair. Bahkan, orang yang sebelumnya belum akrab juga bisa menjadi semakin akrab. Apalagi, ketika lagu yang dimainkan adalah lagu yang sangat terkenal dan hampir semua bisa ikut menyanyikannya. Pasti suasananya akan semakin meriah.

Namun, sayangnya terkadang ada orang yang justru tidak bisa menikmati momen seperti itu. Tidak hanya itu saja, orang dengan kondisi ini justru malah merasa takut saat mendengarkan suara musik. Kenapa bisa begitu ya?

Mengenal Melophobia dan Berbagai Penyebabnya

Seseorang yang takut dengan musik bisa jadi mengalami melophobia, yaitu ketakutan yang berlebihan pada seseorang saat mendengarkan musik. Penamaan melophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani “melos” yang artinya musik, sementara “phobia” berarti ketakutan.

Kamu mungkin penasaran, bagaimana mungkin musik bisa membuat orang takut? Apalagi, bagi banyak orang musik justru bisa menjadi media penenang saat mood nya sedang kurang baik. Sayangnya, hal tersebut memang benar dan sering kali membuat orang yang mengalaminya kesulitan bersosialisasi.

Penyebabnya karena musik adalah sesuatu yang bisa kamu temui di mana saja dan kapan saja. Seperti di kendaraan umum, toko buku, mall, kafe, dan berbagai tempat umum lainnya. Rasa takut tersebut akan membuat penderita melophobia berusaha menghindari berbagai tempat yang memperdengarkan alunan musik, sehingga sulit bagi mereka untuk bisa bergaul secara normal.

Gejala yang dirasakan oleh melophobia tidak berbeda dengan fobia lain pada umumnya, yaitu:

  • Tubuh berkeringat
  • Detak jantung meningkat
  • Cemas
  • Serangan panik besar-besaran

Melophobia termasuk ke dalam fobia spesifik, yaitu gejala fobia yang muncul secara spesifik karena suatu hal tertentu, dan dalam hal ini penyebabnya adalah musik. Fobia seperti ini umumnya bisa bertahan selama 6 bulan atau lebih. Tergantung dari penanganan yang dilakukan untuk mengatasinya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya melophobia, antara lain:

  • Riwayat kesehatan mental, seseorang dengan kondisi fobia spesifik lainnya bisa berpotensi lebih besar mengalami melophobia.
  • Pengalaman traumatik, seseorang yang pernah mengalami hal buruk saat terdengar sebuah lagu tertentu, mungkin akan merasa takut setiap mendengar lagu yang sama.

Sama halnya dengan fobia lain, untuk mengatasi masalah ini disarankan untuk melakukan konsultasi pada psikiater atau psikolog. Dengan begitu, penanganan yang dilakukan dapat sesuai dengan prosedur yang aman dan bisa diketahui penyebab terjadinya melophobia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *