Juni 13, 2024
Punya Penyakit Tetapi Butuh Asuransi Berikut Tips Mendapatkannya!

Banyak orang yang ragu membeli asuransi kesehatan keluarga saat sudah terdiagnosis penyakit kronis. Kenyataannya, Anda atau anggota keluarga yang memiliki penyakit masih berkesempatan untuk mempunyai asuransi. Kendati demikian, Anda perlu memastikan beberapa syarat dari perusahaan.

Dalam dunia asuransi, penyakit yang terdiagnosis saat calon nasabah mendaftar disebut sebagai pre-existing condition. Saat sudah punya atau baru mengetahui terkena penyakit, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh asuransi kesehatan berdasarkan situs HelloSehat dan Cermati :

Punya Penyakit Tetapi Butuh Asuransi Berikut Tips Mendapatkannya!

  • Kumpulkan informasi perusahaan asuransi

Hanya beberapa perusahaan asuransi yang menerima nasabah dengan pre-existing condition. Penting bagi Anda untuk mengumpulkan informasi perusahaan untuk memastikannya. Kemudian, cek lagi penyakit-penyakit apa saja yang mereka tanggung dan yang tak masuk ke dalam daftar.

Sejumlah perusahaan pun biasanya menyetujui pendaftaran dengan pengecualian. Misalnya, tak ada tanggungan untuk kemunculan penyakit lain. Premi yang dikenakan juga cenderung mahal.

  • Hitung bujet premi yang dikenakan perusahaan

Perusahaan asuransi bakal mengenakan besaran premi berdasarkan layanan dan fasilitas yang mereka berikan. Untuk mencegah biaya besar, hitung bujet preminya dulu. Sebaiknya, persentase yang Anda sisihkan untuk membayar premi asuransi tak lebih dari 10% dari total pendapatan.

Tanpa memperhitungkan bujet premi, Anda berisiko salah mengambil asuransi. Beberapa orang harus mengeluarkan biaya besar, tetapi ternyata perusahaan tak menanggung risiko.

  • Jujur menyampaikan informasi dan kondisi kesehatan

Salah satu kesalahan yang masih dilakukan calon nasabah sebelum daftar asuransi kesehatan keluarga adalah tak jujur saat menyampaikan informasi dan kondisi kesehatan. Hal ini mencakup pre-existing condition yang nantinya berdampak pada layanan dan fasilitas yang diterima.

Untuk itu, jangan ragu atau takut saat memberikan keterangan pada perusahaan asuransi. Kalau jujur, peluang mendapatkan perlindungan lewat asuransi akan lebih besar.

  • Ikut pemeriksaan kesehatan atau medical check-up

Pemeriksaan kesehatan atau medical check-up memang tak akan menentukan perusahaan menerima atau menolak pengajuan asuransi. Namun, hasilnya membantu Anda memastikan kondisi kesehatan, dalam hal ini seperti penyakit-penyakit yang sebelumnya tak terdeteksi.

Dengan membawa hasil pemeriksaan, Anda juga dapat memberikan data lengkap dan valid pada perusahaan asuransi. Jadi, Anda sebagai nasabah akan menerima produk yang sesuai.

  • Jaga gaya hidup dan asupan makan sehat

Kendati perusahaan sudah menerima pendaftaran asuransi yang diajukan, bukan berarti Anda sembarangan menjalani kehidupan. Justru saat mengetahui ada penyakit yang diderita, Anda perlu menjaga gaya hidup dan asupan makan sehari-hari.

Memastikan tubuh tetap sehat secara tak langsung menekan risiko yang merepotkan. Misalnya komplikasi atau penyakit lain yang ternyata tidak ditanggung perusahaan asuransi.

Sebagai rekomendasi, FWD insurance menawarkan asuransi kesehatan keluarga yang dapat dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan ini. Cek website resminya untuk memastikan layanan yang disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *