Februari 22, 2024
Kebiasaan Menghambat Anda Mencapai Financial Freedom

Setiap orang mempunyai keinginan dan berhak mencapai kebebasan finansial. Financial freedom tersebut bisa didapatkan dengan melakukan langkah-langkah untuk mencapainya. Kebebasan finansial sendiri diartikan sebagai kondisi di mana Anda tidak perlu memikirkan mengenai masalah keuangan, karena mempunyai uang yang sudah cukup untuk berbagai kebutuhan yang dipunyai. Anda sudah bisa untuk belanja tanpa melihat harga terlebih dahulu, tidak perlu khawatir ketika ada kebutuhan mendadak, dan juga mempunyai dana yang didapatkan dari investasi dan tabungan yang dipunyai. Kebebasan finansial tersebut sendiri bisa menjadi angan-angan yang jauh bagi orang yang mempunyai kebiasaan yang bisa menghambat Anda untuk mencapai kondisi tersebut, seperti kebiasaan berikut ini :

Kebiasaan Menghambat Anda Mencapai Financial Freedom

  • Tidak mempunyai rencana keuangan

Kebiasaan yang membuat Anda tidak bisa mencapai kondisi kebebasan finansial yang bisa dialami adalah ketika tidak mempunyai rencana keuangan. Level pertama yang diperlukan untuk mencapai kondisi kebebasan finansial tersebut adalah pentingnya kesadaran mengenai keuangan yang dipunyai. Sehingga perlu untuk melakukan perhitungan dan budgeting untuk bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang dipunyai. Hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk melakukan evaluasi dan mulai merencanakan keuangan. Apabila malas dan tidak ingin melakukan budgeting dengan baik dan konsisten, hal tersebut yang menghambat Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

  • Mudah berhutang

Ada banyak sekali orang yang menggantungkan hidup dengan mengambil hutang. Di mana sekarang ini memang mempunyai kemudahan untuk bisa mendapatkan hutang yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan pinjaman online. Padahal kebiasaan berhutang tersebut tidak baik karena bisa memulai kebiasaan untuk gali lubang dan tutup lubang. Dibandingkan mencari uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, Anda akan lebih mengandalkan berhutang yang menjadi solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan. Hal tersebut yang juga menghambat kondisi kebebasan finansial karena kondisi tersebut dicapai ketika sudah tidak ada hutang dan kredit yang perlu ditanggung lagi. Terutama bagi Anda yang mengambil hutang untuk memenuhi hal konsumtif dengan menggunakan cara pembayaran paylater misalnya.

  • Tidak mempunyai dana darurat

Kebiasaan yang menghambat Anda mencapai financial freedom adalah ketika tidak mempunyai dana darurat. Kondisi kebebasan finansial ketika sudah tidak mempunyai masalah dan tetap tenang menjalani hidup dan tidak perlu memikirkan mengenai masalah keuangan karena hal tersebut dapat teratasi. Termasuk juga ketika ada kebutuhan darurat dan mendadak, maka Anda sudah mempunyai dana darurat untuk kebutuhan tersebut. Berbeda bagi yang tidak mempunyai dana darurat maka akan kelabakan untuk memenuhinya yang kembali lagi akan mengandalkan hutang dan menambah beban keuangan yang dipunyai.

  • Tidak berinvestasi

Kondisi kebebasan finansial juga bisa dicapai ketika sudah mempunyai investasi yang bahkan keuntungan yang bisa didapatkan sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga Anda perlu untuk berinvestasi yang bisa menguntungkan dan mencapai kemerdekaan finansial. Bagi Anda yang tidak punyai investasi akan membuat Anda sulit untuk mencapai kebebasan finansial, karena hanya mempunyai pemasukan untuk kehidupan sehari-hari dan tidak disisihkan untuk investasi yang bisa memberikan keuntungan dengan modal yang ditanamkan akan bisa memberikan keuntungan yang lebih ketika dikembalikan.

  • Tidak bisa membedakan keinginan dan kebutuhan

Hal terakhir yang menghambat tercapainya kebebasan finansial adalah ketika mempunyai gaya hidup yang boros. Sebaiknya mulai untuk mempunyai gaya hidup sederhana sehingga bisa menggunakan uang dengan bijak. Hal penting untuk memulai kebiasaan ini adalah dengan membedakan keinginan dan juga kebutuhan. Karena ketika tidak bisa melakukan hal tersebut yang membuat Anda akan tetap boros dan mudah mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Sehingga hal tersebut juga yang membuat Anda sulit untuk mencapai kemerdekaan finansial karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Lima di atas merupakan beberapa kebiasaan yang menghambat Anda untuk mencapai financial freedom. Mulai kurangi dan hilangkan kebiasaan yang buruk untuk keuangan Anda tersebut dan ganti dengan kebiasaan yang bisa untuk kebebasan finansial. Seperti sudah mempunyai awareness akan keuangan yang dipunyai, sudah mulai menabung dan investasi jangka pendek yang bisa digunakan untuk belajar di tempat yang aman seperti di bank BCA, apabila mengambil hutang hanya untuk kebutuhan produktif, dan juga kebiasaan lainnya yang membantu mencapai kebebasan finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *