Februari 24, 2024
5 Cara Meningkatkan Minat Baca bagi Remaja

Ada banyak cara meningkatkan minat baca bagi remaja yang perlu dicoba agar tidak kecanduan sosial media maupun game. Membaca novel seperti novel fantasi hingga mencari tempat yang nyaman adalah cara paling efektif demi menumbuhkan minat baca. 

Upaya ini melibatkan banyak pihak baik itu orang tua dan juga guru untuk membimbing remaja Indonesia yang merupakan tunas bangsa. Jangan sampai generasi muda kehilangan minat baca yang menjadi tumpuan utama untuk memperluas wawasan. 

Cara Meningkatkan Minat Baca pada Anak Remaja 

Melansir Kominfo.go.id, UNESCO sendiri menyebutkan bahwa Indonesia berada di urutan kedua dari bawah tentang literasi dunia. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, karena hanya ada 1 dari 1.000 orang yang rajin membaca. 

Tidak hanya itu, pada Maret 2016, Central Connecticut State University juga melakukan riset mengenai minat membaca. Hasilnya cukup mengagetkan karena Indonesia masuk peringkat ke 60 dari 61 negara lainnya. 

Berada di tingkat terbawah dalam hal minat membaca tentu saja menjadi hal yang cukup memalukan. Demi mendapatkan peringkat yang baik, cara meningkatkan minat baca untuk anak remaja di Indonesia berikut ini pun penting untuk diterapkan. 

1. Menyediakan Buku dengan Topik sesuai Minat 

Tidak harus langsung menyodorkan buku-buku yang memiliki pembahasan berat. Topik sangat berpengaruh pada minat membaca, oleh karena itu topik yang ringan bisa menjadi awal mula menarik ketertarikan para remaja. 

Novel menjadi buku yang paling tepat untuk dipilih, mulai dari novel fantasi, romansa hingga horor bisa disediakan di perpustakaan sekolah. Para orang tua juga bisa menyediakan setidaknya beberapa buku novel keluaran terbaru di rumah. 

2. Mengatur Jadwal Membaca 

Penting sekali membiasakan diri membaca dengan mengatur jadwal terlebih dahulu. Remaja yang sudah sadar akan pentingnya membaca bisa membuat jadwal sendiri setidaknya 10 sampai 15 menit sehari untuk menciptakan kebiasaan. Lama kelamaan jika konsisten waktu membaca akan bertambah dengan sendirinya. 

Pihak sekolah juga bisa menyediakan waktu khusus di salah satu mata pelajaran misalnya bahasa Indonesia untuk membaca secara bebas. Waktu ini bisa dipergunakan siswa di sekolah membaca buku-buku yang mereka sukai. 

3. Menyediakan Tempat Nyaman untuk Membaca 

Konsentrasi adalah hal yang cukup sulit didapatkan apabila tidak terbiasa. Padahal untuk membaca setidaknya butuh konsentrasi agar tetap fokus. Ruang yang nyaman, tidak bising menjadi cara meningkatkan minat baca yang harus diperhatikan. 

Sekolah bisa menyediakan ruang khusus untuk membaca seperti perpustakaan yang memiliki aturan ketat dalam hal ketenangan. Ciptakan ruang baca yang nyaman dengan fasilitas seperti kursi, meja untuk membentuk kebiasaan membaca yang benar. 

4. Mengikuti Kelompok Baca 

Penting juga menyediakan ruang bagi remaja yang ingin belajar membaca dengan baik melalui kelompok-kelompok baca. Perkumpulan ini berfungsi untuk bisa bertukar ide dengan orang lain yang mungkin memiliki pengalaman membaca lebih baik. Rekomendasi-rekomendasi buku yang menarik juga bisa didapatkan dari kelompok ini. 

Tidak harus kelompok di sekolah, remaja juga bisa mengikuti kelompok-kelompok online. Hadirnya kelompok online ini tidak hanya memberikan batasan diikuti oleh masyarakat Indonesia tetapi juga warga asing. Keuntungannya, ada banyak buku bacaan dengan bahasa asing yang bisa dipelajari. 

5. Memberikan Apresiasi Pembaca Terbaik 

Tidak hanya lomba, ada juga apresiasi kemampuan membaca juga jadi cara meningkatkan minat baca. Apresiasi ini bisa diberikan oleh pihak sekolah maupun orang tua agar lebih sadar akan kemampuan para remaja ini. 

Cara menilai untuk memberikan apresiasi pun sangat mudah. Misalnya remaja ditantang untuk membaca beberapa judul buku dalam satu bulan, kemudian menyampaikan pendapat sesuai isi buku tersebut. Beragam pernak pernik membaca bisa dijadikan hadiah untuk memupuk minat membaca. 

Mulailah memberikan arahan agar remaja mau membaca novel. Tidak berupa buku, remaja kini bisa dengan mudah membaca novel berbagai genre melalui platform GoodDreamer. 

Tinggal pilih saja judul mana yang menarik melalui https://gooddreamer.id/novel_fantasi. Seperti novel fantasi dengan judul Stranger Book Curse yang menceritakan tokoh bernama Zee yang membebaskan monster dari buku tua. Kehidupan Zee berubah drastis setelah membuka buku tersebut karena semua yang disentuhnya berubah menjadi batu. 

Bagaimana kisah Zee selanjutnya dan apakah dia akan terbebas dari kutukan tersebut? Jawabannya bisa dibaca langsung melalui platform GoodDreamer. Segera instal agar tidak penasaran. 

Sumber: 

https://lib.ub.ac.id/berita/5-tips-meningkatkan-minat-baca/

https://smkbinainformatika.sch.id/tips-menumbuhkan-minat-baca/

https://www.kompasiana.com/dian32684/62cedf6d6e7f013e1e53e202/upaya-meningkatkan-minat-baca-di-kalangan-remaja

https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *